Siswa Diajarkan Oleh Tenaga Honorer Guru PNS Banyak Mangkir diBarito Utara




Pojokid - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah telah menerima laporan dari masyarakat bahwa banyak oknum guru yang jarang hadir untuk proses belajar dan mengajar di sekolah setempat.

"Sesuai laporan masyarakat yang aktif melaksanakan tugasnya mengajar hanya tenaga honorer sedangkan tenaga guru yang ASN atau PNS jarang hadir, hanya Senin dan Rabu yang hadir dan jarang ada di tempat," katanya di Muara Teweh, Minggu (15/7).

Ungkapnya sungguh malang anak didik yang sungguh ingin menimba ilmu tidak ada tenaga pengajarnya. Laporan masyarakat tersebut tidak hanya di satu desa, bahkan hampir 80 persen masyarakat di desa melaporkan hal yang serupa.

Aparatur desa serta masyarakat diminta turut mengawasi sekolah-sekolah yang di daerahnya masing-masing dan melaporkan hal-hal yang ditemukan dengan bukti yang ada. Papar  kepala desa.

"laporkan apabila ada ditemukan hal-hal ini, baik tenaga medis maupun tenaga guru," ujarnya.

Beliau merespon laporan tersebut yang nantinya akan ditindak lanjuti. Seperti apa yang disampaikan sebelumnya, bagi ASN yang disiplin dalam melaksanakan tugasnya akan diberikan penghargaan dan yang melangggar akan kita berikan teguran tegas.

Pada kesempatan itu juga Nadalsyah mengatakan terkait dengan tenaga kesehatan yang ada di di Barito Utara, dia menyadari bahwa tenaga medis di desa-desa masih kekurangan.

"Insya Allah kedepannya kita akan merekrut tenaga honorer yang betul-betul sudah sesuai dengan disiplin ilmunya dan sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) bagi tenaga kesehatan. Jadi kedepannya tenaga guru maupun tenaga medis di desa-desa yang masih kurang tidak lagi menjadi beban bagi masyarakat di desa tersebut," jelas dia.

Untuk itu, beliau pun menambahkan pemerintah Kabupaten Barito Utara ke depannya dalam membangun tidak hanya di bidang infrastruktur jalan dan jembatan,  tetapi akan mengedepankan dan difokuskan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Barito Utara.

"Marilah kita semua, para Camat, para kepala desa dan seluruh perangkat desa kita bersama-sama bersinergi untuk membangun Bario Utara yang kita cintai ini lebih baik lagi," katanya.

Komentar

Postingan Populer