Olimpiade Sains Nasional (OSN) Menjadi Arena Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter



siaranrakyat-Setiap anak mempunyai tingkat prestasi yang berbeda-beda. Namun umumnya di Indonesia sendiri. Prestasi akademik lebih mempunyai ruang untuk dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu bentuk apresiasi atas prestasi siswa dalam bidak akademik adalah diadakannya suatu kompetisi dimana biasanya disebut dengan olimpiade. Dalam hal ini dilaksanakan di berbagai tingkat, mulai dari sekolah bahkan sampai dengan tingkat internasional. Fokus pada pada kompetisi itu pun berbeda-beda. Matematika dan Sains adalah diantara yang sering dijadikan unggulan.

Disebutkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan arena penguatan pendidikan karakter. Oleh karena itu , harapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah karakter yang ditumbuhkan melalui OSN, seperti kerja keras, tekun, teliti dan jujur dapat mencetak siswa-siswi Indonesia menjadi ilmuwan hebat.
Direktur Jenderal Dikdasmen, Hamid Muhammad, Ph. D yang mewakili Mendikbud mengungkapkan hal tersebut saat membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin, 2 Juli 2018.

Masih menurut Hamid, di dalam OSN, karakter lain yang tak kalah penting dikembangkan adalah integritas. Kerusakan di negeri ini, mulai dari korupsi hingga kejahatan siber, tambahnya, dilakukan oleh orang-orang berpendidikan tetapi tidak memiliki integritas.
“Kita menginginkan setiap siswa memiliki integritas, yaitu sikap jujur yang dilandasi prinsip-prinsip moral yang kokoh,” ujar Hamid Muhammad.
Para peserta OSN seluruhnya berjumlah 1.433 siswa, dimana terdiri dari tingkat SD sebanyak 272 siswa,SMP sebanyak 396 siswa, dan SMA sebanyak 765 siswa.
Jika ditambakan dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah, total persiapan adalah sebanyak 2.159 orang.

Dalam kompetisi kali ini, peserta akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Kimia, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi dengan memperebutkan 420 medali dengan 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.
Jika hendak memantau pelaksanaan OSN 2018 dapat dilihat melalui laman Ditjen Dikdasmen (dikdasmen.kemdikbud.go.id), media sosial fecebook (osn Kemendikbud & Dikdasmen_Kemdikbud), Twitter (osn_Kemdikbud & DikdasmenDikbud), dan Instagram (osn_kemdikbud & @dikdasmen_kemdikbud).

Komentar

Postingan Populer