KPAI Minta Stop Pelonco dan Mos Yang Mengandung Kekerasan



 

SiaranMedia - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menghimbau kepada pihak sekolah agar menghentikan kegiatan pada awal masuk sekolah di tahun ajaran baru seperti peloncoan, bullying atau kekerasan dalam masa orientasi sekolah (MOS).

 Suasana lingkungan sekolah harus diciptakan penuh kekeluargaan, kondusif dan zero kekerasan. "Mengimbau pihak sekolah untuk menjamin pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru berlangsung dengan aman, ramah dan nyaman bagi siswa baru," Ungkap Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Lityarti.

KPAI juga setuju atas himbauan agar para orang tua siswa/ wali siswa dapat mengantarkan anak-anaknya ke sekolah. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan orang tua terhadap semangat anak-anaknya kembali bersekolah setelah libur panjang.

"Kami juga mendorong sekolah menyiapkan diri menyambut para orang tua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak," ujarnya.

Retno kembali mengatakan , anak sekolah juga dapat dijadikan momentum bagi sekolah menyampaikan program-program sekolah. Sekaligus perkenalan orang tua siswa ke wali kelas anaknya dengan masuk ke ruang kelas tempat anak-anaknya akan menuntut ilmu setiap harinya selama berada di sekolah.

Menurutnya "Hal ini akan menjadi momentum yang menyenangkan bagi anak-anak. Hal Ini juga akan membawa dampak positif ke depannya terhadap keharmonisan hubungan orang tua dan pihak sekolah,"

Komentar

Postingan Populer