Kosmetik Kulit Kelinci Buatan Mahasiswa UB

 


PojokWarta - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang sukses menciptakan kosmetik berbahan zat dari kulit kelinci, hasil temuan mereka diberi nama Moisra, Yang kepanjangan dari moisturizer from rabbit skin collagen extract.

"Moisra ini merupakan produk kecantikan berupa pelembab wajah yang mengandung kolagen dari ekstrak kolagen dari kulit kelinci," kata Ema Yorentina, mahasiswi Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya penemu Moisra dalam penjelasannya, Selasa (17/7).

Kulit kelinci, terdiri dari beberapa komponen seperti kulit, bulu, otot dan kolagen yang sangat berpotensi untuk diolah karena memiliki nilai jual. Karena selama ini, kulit kelinci hanya dimanfaatkan sebagai aksesoris dan krupuk. Nilai jual kedua produk itupun terbilang masih rendah. Namun Ema Yorentina, bersama Mifrotul Komariyah, Febrina Eka Rahayu, Chresna Putra Oktaviannanda, dan Rizal Wahyu A pada akhirnya berhasil membuat kosmetik yang mempunyai nilai jual.

Ekstrak kolagen kulit kelinci dapat mengatasi masalah kulit kering dan meregenerasi sel-sel kulit agar menjadi lebih lembab dan sehat, kata Ema. Moisra diperkaya juga dengan ekstrak kulit buah apel, ekstrak kulit buah naga, dan ekstrak daun teh yang mengandung antioksidan alami.

"Sehingga efektif juga dalam melindungi kulit dari paparan sinar Ultra Violet (UV) dan radikal bebas," Jelasnya.

Dari sisi bahan dan proses, Moisra diproduksi secara halal memiliki potensi untuk dikembangkan di pasar Indonesia. Karena sebagian besar wanitanya mengalami problem kulit kering akibat daerah tropis. Selain itu, dari sisi bahan baku bisa dengan mudah didapatkan di masyarakat.

Komentar

Postingan Populer