Sebanyak 545 Sarjana Baru di IAIN Batusangkar di Wisuda





topikid-Setiap orang yang menimba ilmu  di lembaga sekolah,berharap dapat lulus tepat waktu. Namun tak hanya itu. Lulus dengan hasil terbaik juga merupakan impian setiap peserta didik.
Sebanyak 545 orang lulusan  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mengikuti   Wisuda Angkatan  V  TA 2017/2018 sejak berubah status dari STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar.
 
Bertempat  di Aula Auditorium  IAIN Batusangkar , wisuda yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis  (28/3 dan 29/3) dipimpin oleh  Rektor Dr. H. Kasmuri, MA dan dihadiri oleh  Staf Ahli Bupati Tanah Datar Imran serta  Wakil Rektor I, II dan III Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Wakil Direktru Pascasarjana dan Pejabat Struktural.

Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri  dalam sambutannya menyatakan, terima kasih dan  selamat kepada wisudawan dan diharapkan ilmu yang  dapat selama mengikuti perkuliahan  bisa dimanfaatkan dengan baik, karena pengalaman yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah bisa diaplikasikan untuk masyarakat yang ada disekitar lingkungan saudara.

“Selesai saudara diwisuda, saudara akan kembali ke masyarakat yang mana di tengah-tengah masyarkat  penuh persaingan dan tantangan yang harus dihadapi. Apalagi Indonesia saat ini telah masuk dalam  ekonomi Asean. Keberhasilan  saudara di tengah-tengah masyarakat ditentukan diri saudara  sendiri untuk mencapai tujuan  kedepan,” ujar Kasmuri.

Selanjutnya Kasmuri menyatakan, para alumni IAIN telah mampu menunjukkan kiprahnya dalam berbagai bidang. Banyak Di antara lulusan IAIN tersebut yang tampil sebagai pemimpin eksekutif daerah, anggota dewan, pedagang sukses, dan bahkan ada yang berkiprah di tingkat nasional dan international.
Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui tracer study terhadap alumni, saat ini sebagaian besar mereka telah bekerja baik sebagai ASN, Hakim, Advokat, Bankir, Politisi, Wiraswasta dan profesi-yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, beberapa hari yang lalu Menteri Agama RI telah meresmikan penggunaan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Kampus II di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum. Alhamdulillah dari beberapa akreditasi yang telah kita lakukan, 5 Jurusan di IAIN Batusangkar memperoleh Nilai Akreditasi A.

Pada kesempatan ini saya  mewakili seluruh  sivitas akademika IAIN Batusangkar, mengucapkan selamat kepada para seluruh wisudawan atas keberhasilan menyelesaikan  studi di IAIN Batusangkar dan juga  kepada  para orang  tua, wali, dan keluarga wisudawan yang hadir hari ini untuk menyaksikan anaknya diwisudah,ungkap kasmuri
Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Aidhya Irhash Putra mengatakan sebanyak  545 orang wisudawan-wisudawati dari 3 fakultas dan Program Pascasarjana. Masing-masing yiatu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 302 orang, Fakultas Syariah 25 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 203 orang dilaksanakan wisuda pada hari Rabu (28/3).
Selanjutnya, lulusan Program Pascasarjana sebanyak 15 orang,  sebagain Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Syariah dilakukan wisuda Kamis (29/3)pagi .

Penghargaan tahun ini juga diberikan ini IAIN Batusangkar kepada lima (5) wisudawan/ti lulusan terbaik. Yakni Program Pascasarjana diraih oleh Yasmansyah IPK (3.90) pada Prodi Agama Islam. Untuk  Prodi Manajemen Pendidikan Islam Nola Refika IPK (3.93) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah Yulmitra Handayani IPK (3.84), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam prodi Perbankan Syariah Putri Romadani IPK (3.90) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam prodi Menajemen Informatika Fitri Zulkarnain IPK (3.79). Juga diberikan penghargaan kepada kepada 5 lulusan dengan peneliti terbaik,ujar Aidhya Irhash Putra .

Semoga dengan bertambahnya lulusan yang terbaik ini dapat melahirkan anak-anak bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju lagi dan tentunya lebih bermartabat lagi.

Komentar

Postingan Populer