Politeknik Negeri Padang dan Kemenristekdikti Gelar Workshop Kewirausahaan





pojokwarta-Keberhasilan seseorang tak hanya dinilai dari kesuksesan dalam bekerja atau karier di perkantoran. Wirasusaha juga menjadi kesuksesan yang tidak bisa dinilai remeh. Menjadi wirasuaha yang sukses salah satu tujuan para individu yang lebih memutuskan untuk bekerja sendiri  tanpa terikat oleh suatu perusahaan .
Karena itu beberapa perguruan tinggi juga menyediakan sarana bagi para mahasiswa yang kelak berniat mewujudkan usaha yang sukses dikemudian hari. Salah satunya adalah workshop yang diadakan oleh Kemenrisktekdikti dan Politeknik Negeri Padang. Workshop kewirausahaa.  Workshop ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa, yang beraktivitas wirausaha berbasis teknologi dan hasil pendidikan mengikuti Workshop Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2018.


Para peserta workshop mendapat pengetahuan baru tentang kewirausahaan di kampus Politeknik Negeri Padang dengan di hadirkan himpunan pengusaha muda Indonesia (Hipmi). Workshop kewirausahaan yang berlangsung, Sabtu (31/3) tercatat sebagai agenda kegiatan Kementerian Ristek Dikti bekerjasama dengan PNP. Para wirausahawan muda itu mendapat berbagai informasi baru tentang wirausaha terbaru dari nara sumber terpercaya , yaitu Prof. Hanny Wijaya dan Dr. Tipri Rose Kartika. Walaupun sehari penuh pelaksanaan workshop ini dilakukan namun tidak mengecewakan dan tidak membosankan.

“Workshop ini sangat strategis, tidak hanya bagi mahasiswa Politeknik Negeri Padang tetapi bagi mahasiswa perguruan tinggi di Sumbar, Sumut dan Riau,” ujar, Direktur PNP, Surfa Yondri.

Kendati PNP jauh dari pusat Kota Padang, Mahasiswa terlihat begitu tertarik mengikuti workshop ini, terlihat dari ratusan peserta yang ikut hadir.  Dalam Workshop kewirausahaan ini, selain sambutan dari Direktur PNP, Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismet Yus Putra juga memberikan sambutan yang mana disambut antusias oleh mahasiwa yang hadir saat mendengarkan pidato penuh motivasi urang awak itu.
Menurutnya, rasio jumlah wirausaha dibandingkan jumlah penduduk sudah 3,1 persen pada tahun ini , hal ini berdasarkan pada data Kementerian Koperasi dan UKM. Walau sudah meningkat, perlu dilihat seberapa besar kontribusinya pada pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2018 tercatat jumlah wirausaha hanya sebanyak 1,5% jumlah penduduk.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menegaskan lebih lanjut untuk mendorong wirausaha berbasis teknologi dan pendidikan yang selama ini menjadi tugas dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) melalui program-program kewirausahaan yang salah satunya menggelar Workshop Kewirausahaan di PNP.
“Tugas perguruan tinggi selain mengelola bidang pendidikan tinggi, namun juga berperan menumbuhkan perekonomian dan menambah nilai kemasyarakatan. Semoga Workshop yang merupakan kerjasamanya ini bermanfaat,” ujar Ismet Yus Putra.
Sementara itu, sebagai tuan rumah, Direktur PNP, Surfa Yondri menyampaikan, PNP aktif dan konsisten dalam pengembangan dan peningkatan ilmu dan keterampilan kewirausahaan mahasiswa.
“Workshop ini sangat positif membangun jiwa dan keterampilan kewirausahaan mahasiswa dan generasi muda. Kami berharap hasil dari kegiatan ini dapat mendukung pemerintah membangun perekonomian nasional, dengan terbukanya banyak lapangan kerja baru dan mengurangi secara signifikan jumlah pengangguran,” ujarnya.

Pada acara ini juga disaksikan Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismet Yus Putra dan para nara sumber, Prof. Hanny Wijaya dan Dr. Tipri Rose Kartika,  dilakukan penandatangan MOU antara PNP dengan Ketua Hipmi, Muhammad Iqra Cissaa, SST.

Semoga dengan semakin banyaknya workshop-workshop yang diadakan di berbagai perguruan tinggi, akan memacu calon wirausaha lebih banyak bermunculan dan menambah kreatifitas para usahawan yang sudah lebih dulu menggeluti wirausaha. Agar dapat membantu meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia.

Komentar

Postingan Populer