Pelatih Asing Menimba Ilmu di Indonesia





siaranrakyat-Geliat perkembangan olahraga sepak bola di Indonesia semakin meningkat. Banyak cara yang dilakukan oleh PSSI untuk membuat Indonesia tetap eksis di persepakbolaan dunia.
Berdasarkan supervise dari AFC, PSSI akan menggelar kursus pelatih lisensi Pro AFC. Ada beberapa pelatih yang sudah mendaftar pelatihan tersebut. Pelaksanaan kursus untuk modul pertama akan di gelar di di Jogjakarta pada 14 hingga 20 April mendatang. Ada hal yang menarik perhatian, dimana akan ada pelatih asing yang turut menimba ilmu pada kursus tersebut.


Empat pelatih asing yang akan ambil bagian dalam kursus itu adalah Adam bin Abdulah, Ong Kim Swee, Elavaran dari FAM Malaysia dan Fujiwara dari JFA Jepang. Mereka akan meningkatkan level lisensi kepelatihan bersama dengan pelatih-pelatih dari tanah air.
Dari liga 1 sendiri ada enam pelatih. Mereka adalah Djadjang Nurdjaman (PSMS Medan), Aji Santoso (Persela Lamongan), Rudy Eka Priyambada (PS Tira), Joko Susilo (Arema FC), Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC), dan Widodo C Putro (Bali United)
Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus level tertinggi di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Untuk Indonesia saat ini belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat Pro AFC.
Kursus ini sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC bahwa nantinya pada 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC. “Kursus pelatih Pro AFC yang kami laksanakan nanti adalah modul 1 dari total 7 modul yang ada dan bisa berlangsung hampir satu tahun,” Penjelasan Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, seperti dilansir laman resmi PSSI.
“Ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena pertama kalinya menggelar kursus Pro AFC dan memiliki pelatih dengan lisensi tersebut," tambahnya lagi.
Sebanyak 24 pelatih akan mengikuti kursus lisensi Pro AFC dan 20 di antaranya tentunya dari tanah air. Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional.

Rencananya kursus tersebut akan dipimpin oleh Bader A. SH Ahmad yang merupakan instruktur AFC dari Kuwait. Selain itu, Departemen Teknik PSS juga mengirimkan Danurwindo dan Ganesha Putra sebagai perwakilan .

Daftar Peserta Kursus Kepelatihan Lisensi Pro AFC – Modul 1
  1. Djajang Nurjaman (PSMS Medan)
    2. Bambang Nurdiansyah
    3. Aji Santoso (Persela Lamongan)
    4. Wolfgang Pikal
    5. Rudy Eka Priyambada (PS Tira)
    6. Joko Susilo (Arema FC)
    7. Liestiadi (Celebest FC)
    8. Hanafing
    9. Tony Ho (Persipura)
    10. Emral Abus
    11. Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC)
    12. Iwan Setiawan
    13. Nil Maizar
    14. Indra Sjafri
    15. Widodo C Putro (Bali United)
    16. Yeyen Tumena (Bhayangkara FC)
    17. Mundari Karya
    18. Yunan Helmi (Barito Putera)
    19. Adam bin Abdulah (FAM Malaysia)
    20. Ong Kim Swee (FAM Malaysia)
    21. Elavaran (FAM Malaysia)
    22. Fujiwara (JFA Jepang)
    23. Syafrianto Rusli (Semen Padang FC)
    24. Seto Nurdiantara (PSS Sleman)
Semoga dengan adanya pelatihan ini , menjadi penyemangat para atlit untuk lebih memperjuangkan kemenangan untuk kebanggakaan bang.

Komentar

Postingan Populer