Kemenag Menargetkan Yogyakarta dan Malang Menjadi Finlandia-nya Indonesia





jurnalkini-Menjadi ikon kota pendidikan, Yogyakarta senantiasa meningkatkan kualitas yang ada di kota yang kental dengan ada istiadat tersebut. Mulai dari pendidikan dasar sampai di pendidikan tingkat tinggi, kota Yogyakarta senantiasa memfasilitasi dan berinovasi untuk kepentingan pendidikan.
Begitu pun dengan kota Malang, terkenal dengan pusat pendidikan agama islam. Dikota malang yang beribu kota Surayabaya ini, terdapat beberapa sekolah berbasis agama islam terbaik.

 Kedua kota besar ini , sedang mengembangkan sistem pendidikan berbasis agama islam yang berkualitas. Salah satu projek yang sedang dicanangkan di Yogyakarta adalah mengekslor pendidikan madrasah.

Kementerian Agama menargetkan akan menjadikan kota Yogyakarta dan Malang sebagai Finlandia-nya Indonesia. Yogyakarta dan Malang pada projek ini akan dijadikan sebagai pusat pendidikan madrasah terbaik di Indonesia.

Pada Talkshow dalam rangka Milad kw 68 MAN 1 Yogyakarta, di gedung PKKH UGM, Sabtu (31/3). Secara gamlang hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama, A. Umar .
Menurutnya, target ‘Finlandia-nya Indonesia’ ini bukanlah sesuatu hal yang main-main. Seperti diketahui, Finlandia saat ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Dan madrasah di dua daerah ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih besar lagi.
“Kalau di dua daerah kita ini pendidikannya baik, orang Indonesia tidak perlu repot mencari pendidikan ke Finlandia,” tandasnya.

Madrasah kini terbukti mampu membuktikan kualitasnya karena prestasi yang terus diukir. Selain itu, slogan ‘Madrasah Hebat Bermartabat’ menandaskan siswa/siswi madrasah memiliki nilai lebih dibanding siswa sekolah umum, Ujar Umar kemudian.
Menurut Umar lagi bahwa potensi madrasah di dua daerah ini sangat bagus. Karena siswa madrasah kini tak lagi dipandang sebelah mata, karena siswa madrasah terbukti mampu bersaing dengan siswa dari sekolah umum. Bahkan, banyak beberapa tokoh nasional adalah alumni dari madrasah.
Diantaranya adalah Prof. Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar , kedua nya adalah alumni MAN 1 Yogyakarta yang saat itu masih bernama PHIN.  Beliau berdua  saat ini menjadi tokoh nasional yang berpengaruh di Indonesia.

“Saya berharap MAN 1 Yogyakarta mampu mewujudkan harapan Yogyakarta menjadi Finlandia-nya Indonesia dengan tetap berprestasi, ” katanya.
Kesuksesan meluluskan siswa/siswi yang bukan hanya berprestasi, tetapi juga bermartabat adalah prestasi yang membanggakan bukan hanya pada keluarga tetapi juga bangsa. Karena siswa/siswi tersebut adalah bagian dari generasi penerus bangsa.

Komentar

Postingan Populer