Generasi Millenial Harus Percaya Diri Dalam Menghadapi Persaingan Global




pojokid-Setelah sepakat dengan perjanjian untuk turut serta dalam persaingan global, Indonesia harus siap dengan konsekuensinya. Menghadapi persaingan global bukan hal yang berat namun juga bukan hal yang ringan. Masyarakat harus siap menghadapi persaingan pasar dari luar negeri. Dengan potensi yang dimiliki Indonesia, seharusnya mampu menghadapi persaingan global tersebut. Namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana bangsa Indonesia mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat unggul di Pasar Global ini.

Din Syamsuddin sebagiai Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) mengingatkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar . Banyak nya sumber daya yang dimiliki Bangsa Inbdonesia tak hanya ada di sektor sumber daya alam, akan tetapi Indonesia juga memiliki potensi besar pada sektor sumber daya manusia.

"Banyak anak bangsa jadi juara dunia di berbagai sektor. Dari mulai bidang olah raga, matematika, sampai sains. Kita mempunyai banyak potensi, sekarang hanya tinggal nilai yang mendorong itu direvitalisasikan," kata Din dalam sarasehan PIM bertema Indonesia Menjadi Negara Berhasil di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/4/2018).

Din Syamsuddin juga membeberkan bagaimana kiat-kiat mengelola potensi yang dimiliki Indonesia tersebut. Pertama harus dimulai dengan optimisme dan usaha yang sistematis. Din mengatakan lagi , untuk membangkitkan potensi bangsa ini harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

Kedua, upaya yang bersungguh-sungguh itu, lanjut Din, juga harus didukung oleh lembaga negara, lembaga sosial dan politik. "Menggali potensi seseorang jangan hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri, tapi harus didukung secara sistemik," kata Din.
Sebagai langkah pamungkas dari uapaya menggali potensi itu, Din mengatakan segala upaya diakhiri dengan doa. "Di tengah persaingan global ini, kita perlu tumbuhkan optimisme para generasi milenial. Untuk itu perlu kerja keras, percaya diri, dan tidak meninggalkan doa," ucap Din.
Dengan modal kepercayaan diri, dan potensi besar yang bangsa Indonesia miliki. Maka seharusnya  bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih Unggul diantara negara lain. Namun tentu saja hal tersebut harus didampingi dengan kerja keras dan doa.

Komentar

Postingan Populer